heading

Untung Rugi Membeli Tanah Kavling

               Dalam kamus Bahasa Indonesia, kavling adalah bagian tanah yang sudah dipetak-petak dengan ukuran tertentu yang akan dijadikan bangunan atau tempat tinggal. Membeli tanah kavling lebih efisien dibandingkan dengan tanah kebun, karena bisa membeli sesuai kebutuhan. Membeli tanah kavling sangat menguntungkan, pembeli tidak perlu repot mengurus biaya pengeringan tanah. Biasanya para developer tanah kavling sudah mengurus izin pengeringan. Keuntungan membeli tanah kavling lainnya adalah harga jualnya lebih tinggi daripada harga beli awal. Hal itu didasari oleh kenaikan harga tanah bisa mencapai 20% hingga 25% setiap tahunnya, tak heran bila para investor memilih tanah kavling sebagai investasinya. Meskipun tidak terlihat dalam waktu dekat, namun keuntungan ini bisa Anda rasakan setelah 3 atau 5 tahun mendatang.

               Keuntungan membeli tanah kavling sangat banyak. Tanah kavling tidak memerlukan perawatan yang intensif seperti aset lainnya. Mayoritas tanah kavling dibuka di lokasi yang strategis, dekat pemukiman maupun akses jalan. Tanah kavling juga dilengkapi dengan fasilitas umum yang memadai. Keuntungan tanah kavling yaitu tanah kavling cocok untuk menjadi aset investasi jangka panjang. Berbeda dengan rumah, semakin lama waktu jual tanah kavling maka semakin tinggi harga lahan tersebut. Harga rumah mungkin akan meningkat tiap tahun, namun kamu harus terus merawatnya agar tidak rusak. Keuntungan tanah kavling sangat banyak, selain untuk membangun hunian, tanah kavling dapat dijadikan lahan pertanian, sebagai aset investasi, dan untuk membangun tempat usaha karena lokasinya yang strategis.

               Di era sekarang, membeli tanah kavling tidak memerlukan uang yang banyak. Beberapa developer sudah menyedikan skema kredit untuk pembelian kavling. Ada banyak keuntungan jika anda membeli tanah kavling. Oleh sebab itu, rata-rata investor property lebih menyukai tanah kavling daripada jenis property lainnya.

Berikut ini keuntungan yang anda dapat ketika membeli tanah kavling :

  1. Terdapat Capital Gain

Tanah kavling bisa memiliki kenaikan harga 20% hingga 25% setiap tahunnya. Tak heran jika banyak investor yang lebih memilih properti tanah kavling sebagai investasi mereka. Meskipun tidak terlihat dalam waktu dekat, namun keuntungan ini bisa Anda rasakan setelah 5 tahun mendatang.

Membutuhkan Lebih Sedikit Biaya Perawatan

Jika anda berinvestasi dengan membeli rumah bangunan akan ada biaya-biaya seperti biaya listrik, pdam dan biaya perawatan lainnya. Namun, biaya-biaya tersebut tidak berlaku jika anda berinvestasi tanah kavling.

Investasi yang Menguntungkan

Investasi tanah kavling memang memiliki peluang keuntungan yang berlipat meskipun membutuhkan modal yang relatif besar. Namun, tentu dengan berinvestasi tanah pasti lebih hemat dan murah jika dibandingkan dengan investasi rumah.

2. Nilainya Terus Meningkat

Tanah kavling merupakan properti yang memiliki return dan capital gain yang tinggi, sehingga lebih baik Anda tidak menjualnya dalam waktu yang dekat. Tunggu sampai harganya naik secara signifikan yang biasanya terjadi setelah lima tahun mendatang.

3. Bisa Bangun Rumah Tanpa Menunggu Lunas

Anda bisa segera membangun rumah tanpa perlu menunggu terlalu lama hingga lunas. Meskipun Anda masih mencicil tanah tersebut, Anda tetap bisa membangun rumah.

4. Memiliki Kualitas Bangunan yang Lebih Baik

Ketika membangun rumah sendiri dari tanah yang sudah dibeli, Anda memiliki kendali penuh atas tanah tersebut. Anda bisa menentukan sendiri kontraktor, model rumah, serta bahan bangunan yang lebih terjamin kualitasnya.

5. Dapat Dikembangkan Menjadi Bisnis Lain

Jika Anda berencana untuk membangun bisnis, maka tanah tersebut bisa Anda manfaatkan. Anda bisa memulai dengan membuat kebun sayur sendiri atau menyewakannya menjadi tempat usaha.

6. Lokasi Lebih Strategis

Lokasi dari tanah kavling biasanya mudah untuk ditempuh karena ditempatkan pada lokasi yang strategis. Kavling yang sudah siap dibangun berada di dalam lingkungan perumahan yang memiliki akses lebih bagus.

7. Infrastruktur yang Tersedia Lebih Memadai

Selain lokasi yang lebih strategis, daerah tanah kavling memang memiliki infrastruktur yang lebih memadai. Infrastruktur itu bisa berupa jaringan listrik dan akses jalanan yang lebih rapi.

8. Perbandingan Kebutuhan yang Lebih Besar

Persediaan tanah tidaklah bisa bertambah dan berkembang jumlahnya, namun permintaan tanah akan terus bertambah dengan seiringnya waktu. Jika Anda adalah investor, maka Anda bisa mengambil keuntungan dari investasi tanah ini.

9. Minim Terjadinya Kerusakan

Selain tidak membutuhkan perawatan, tanah kavling juga sangat minim terjadi kerusakan karena tidak seperti perkebunan dan pertanian yang membutuhkan perawatan khusus setiap harinya.

10. Fasilitas yang Lengkap

Karena berada di kawasan perumahan, tanah kavling tentu memiliki fasilitas yang memadai. Mulai dari kebutuhan belanja, hiburan, dan olahraga biasanya sudah tersedia. Restoran, minimarket, dan klinik kesehatan juga lebih mudah dijangkau karena masih dalam kawasan yang sama.

11. Harga Tanah Kavling

Tergantung dari lokasi dan wilayahnya, harga tanah kavling bisa sangat beragam. Namun rata-rata, harga tanah kavling per meternya senilai Rp.500ribu bahkan bisa lebih.

Setelah mengetahui keuntungan tanah kavling, anda juga perlu memperhatikan tips-tips membeli tanah kavling agar anda mendapatkan keuntungan tanah kavling dengan maksimal.

16
Aug
2021

hidden

© 2021 Fateh Property